PENGERTIAN MUTU
1.
Mutu adalah lingkar kesempurnaan
dari penampilan sesuatu yang sedang diamati (Winston Dictionary, 1956).
2.
Mutu adalah sifat yang dimiliki oleh
suatu program (Danabedian, 1980).
3.
Mutu adalah totalitas dari wujud
serta ciri suatu barang atau jasa yang didalamnya terkandung pengertian rasa
aman atau pemenuhn kebutuhan para pengguna (Din ISO 8402, 1986).
4.
Kualitas merupakan perwujudan atau
gambaran hasil yang dipertemukan kebutuhan dari pelanggan dan oleh karena itu
memberikan kepuasan (J.M Juran: Juran's Quality Control Handbook, 1988).
5.
Mutu adalah sesuatu untuk menjamin
pencapaian tujuan atau luaran yang diharapkan, dan harus selalu mengikuti
perkembangan pengetahuan profesional terkini (consist with current professional
knowledge). Untuk itu mutu harus diukur dengan derajat pencapaian tujuan.
Berpikir tentang mutu berarti berpikir mengenai tujuan. Mutu harus memenuhi
berbagai standar / spesifikasi.
PENGERTIAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN
Beberapa definisi mutu pelayanan
kesehatan adalah sebagai berikut:
· Mutu pelayanan kesehatan adalah
pelayanan kesehatan yang dapat memuaskan setiap pemakai jasa pelayanan
kesehatan yang sesuai dengan tingkat kepuasaan rata-rata serata
penyelenggaraannya sesuai dengan standart dan kode etik profesi (Azrul Azwar,
1996).
· Memenuhi dan melebihi kebutuhan
serta harapan pelanggan melalui peningkatan yang berkelanjutan atas seluruh
proses. Pelanggan meliputu, pasien, keluarga, dan lainnya yang datang untuk
pelayanan dokter, karyawan (Mary R. Zimmerman).
· Pengertian mutu pelayanan kesehatan
(Wijono, 1999) adalah :
1. Penampilan yang sesuai atau pantas
(yang berhubungan dengan standart) dari suatu intervensi yang diketahui aman,
yang dapat memberikan hasil kepada masyarakat yang bersangkutan dan yang telah
mempunyai kemampuan untuk menghasilkanpada kematian, kesakitan, ketidak mampuan
dan kekurangan gizi (Roemer dan Aquilar, WHO, 1988).
2. Donabedian, 1980 cit. Wijono, 1999
menyebutkan bahwa kualitas pelayanan adalah suatu pelayanan yang diharapkan
untuk memaksimalkan suatu ukuran yang inklusif dari kesejahteraan klien sesudah
itu dihitung keseimbangan antara keuntungan yang diraih dan kerugian yang semua
itu merupakan penyelesaian proses atau hasil dari pelayanan diseluruh bagian.
3. Secara umum pengertian mutu
pelayanan kesehatan adalah derajat kesempurnaan pelayanan kesehatan yang sesuai
standar profesi dan standar pelayanan dengan menggunakan potensi sumber daya
yang tersedia di rumah sakit atau puskesmas secara wajar, efisien, dan efektif
serta diberikan secara aman dan memuaskan sesuai norma, etika, hukum, dan
sosial budaya dengan memperhatikan keterbatasan dan kemampuan pemerintah, serta
masyarakat konsumen.
· Jadi
yang dimaksud dengan mutu pelayanan kesehatan adalah menunjuk pada tingkat kesempurnaan pelayanan
kesehatan dalam menimbulkan rasa puas pada diri setiap pasien. Makin sempurna
kepuasan tersebut, makin baik pula mutu pelayanan kesehatan. Sekalipun
pengertian mutu yang terkait dengan kepusan ini telah diterima secara luas,
namun penerapannya tidaklah semudah yang diperkirakan. Masalah pokok yang
ditemukan ialah karena kepuasan tersebut bersifat subyektif. Tiap orang,
tergantung dari latar belakang yang dimiliki, dapat saja memiliki tingkat
kepuasan yang berbeda untuk satu mutu pelayanan kesehatan yang sama. Di samping
itu, sering pula ditemukan pelayanan kesehatan yang sekalipun dinilai telah
memuaskan pasien, namun ketika ditinjau dari kode etik serta standar pelayanan profesi,
kinerjanya tetap tidak terpenuhi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar