1. ANALISA SWOT
SWOT adalah sebuah singkatan dari, S adalah STRENGHT (Kekuatan), W adalah WEAKNESS (Kelemahan), O adalah OPPORTUNITY (Kesempatan), dan T adalah THREAT (Ancaman).
Strengths (Kekuatan)
adalah segala hal yang dibutuhkan pada kondisi yang sifatnya internal
agar supaya kegiatan-kegiatan organisasi berjalan maksimal.
Weaknesses (Kelemahan) adalah terdapatnya kekurangan pada kondisi internal, akibatnya kegiatan-kegiatan organisasi belum maksimal terlaksana.
Opportunities (Kesempatan) adalah faktor-faktor lingkungan luar yang positif.
Threatss (Ancaman) adalah faktor-faktor lingkungan luar yang negatif.
Analisis
swot adalah adalah suatu instrument perencanaaan strategis yang klasik.
Dengan menggunakan kerangka kerja kekuatan dan kelemahan dan kesempatan
ekternal dan ancaman, instrument ini memberikan cara sederhana untuk
memperkirakan cara terbaik untuk melaksanakan sebuah strategi. Instrumen
ini menolong para perencana apa yang bias dicapai, dan hal-hal apa saja
yang perlu diperhatikan oleh mereka. SWOT
ini biasa digunakan untuk menganalisis suatu kondisi dimana akan dibuat
sebuah rencana untuk melakukan sesuatu, sebagai contoh, program kerja.
2. Matrix strategi
Berdasarkan hasil analisis faktor-faktor SWOT diatas ditetapkan strategi-strategi seperti di bawah ini:
3. Hasil Penelitian Yang Telah Ada
Dibawah ini merupakan hasil penelitian mengenai analisis SWOT yang telah dlakukan dan diambil dari berbagai sumber:
a . Analisis SWOT pada Hotel Danau Toba lnternasional Medan
Oleh : Chandra E Ginting (2005)
perumusan masalah dalam penelitian ini adalah "bagaimana peranan
analisis AWOT dalam meningkatkan volume penjualan?". Dengan Hipotesis : "
Melalui pengidentifikasian, penganalisisan dan penerapan serta
pengendalaian SWOT secara cermat akan berdampak pada peningkatan volume
penjualan kamar sebagaimana yang diharapkan oJeh perusahaan. Metode
analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis
deskriptif yaitu metode analisis dengan menggunakan pengumpulan data
secara sistematis, menganalisis serta menginterpretasikan data tersebut
sehingga memperoleh gambaran perusahaan secara umum. Kesimpulan dalam
penelitian ini adalah Analisis SWOT yang dilakukan oleh Hotel Danau Toba
lntemasional Medan kurang lengkap, dimana anal isis SWOT tersebut tidak
menyajikan altematif strategi, hanya menyajikan identifikasi peluang
dan ancaman serta idenfikasi kekuatn dan kelemahan hotel tersebut. Saran
penulis supaya Hotel Danau Toba lntemasional Medan tetap exist dan
survive dalam menghadapi persaingan yang semakin kornpetitif harus
menerapkan strategi yang tepat seperti menciptakan pelayanan yang
berbeda, menyelenggarakan pelatihan bahasa Inggris dan skill dalam
bidang masing-rnasing.
Staf Teknis pada Pusat Inovasi, Balitbang Diknas.
Analisa SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats) telah menjadi salah satu alat yang berguna dalam dunia industri. Namun demikian tidak menutup kemungkinan untuk digunakan sebagai aplikasi alat Bantu pembuatan keputusan dalam pengenalan program-program baru di lembaga pendidikan kejuruan. Proses penggunaan manajemen analisa SWOT menghendaki adanya suatu survei internal tentang strengths (kekuatan) dan weaknesses (kelemahan) program, serta survei eksternal atas opportunities (ancaman) dan threats (peluang/kesempatan). Pengujian eksternal dan internal yang terstruktur adalah sesuatu yang unik dalam dunia perencanaan dan pengembangan kurikulum lembaga pendidikan.
Contoh pengembangan pendidikan menggunakan analisa SWOT, adalah suatu cara yang berguna dalam menguji kondisi lingkungan tentang program baru yang ditawarkan suatu lembaga pendidikan. Sebuah tinjauan atas aplikasi potensial SWOT dalam jangkauan yang luas juga merupakan tujuan dari pada tulisan ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar